Pengalaman Adalah Guru Yang Terbaik, Benarkah ?

Pengalaman terbaik

Sebelum meneruskan membaca artikel yang mungkin kurang penting ini. Alangkah baiknya kamu siapkan beberapa benda tajam dulu, mungkin nanti dibutuhkan 😁 Ini adalah artikel yang seharusnya hanya berisi 10 kata tapi dirubah menjadi 100 kata. Jadi jangan heran jika kata katanya banyak yang sama 😂

Menurut penjelasan wikipedia, arti pengalaman ialah hasil persentuhan alam dengan panca indra manusia. Berasal dari kata peng-alam-an. Pengalaman memungkinkan seseorang menjadi tahu dan hasil tahu ini kemudian disebut pengetahuan.

Kata pepatah. Pengalaman adalah guru terbaik. Kita lalu dengan mudahnya menerima kata-kata tersebut sebagai anggapan yang benar. Tapi yakin itu sudah benar ? Menurut ku itu kagak gan, tapi juga tidak menyalahkannya, melainkan menganggapnya tidak sepenuhnya benar. Coba deh lihat lebih luas lagi tentang persepsi pengalaman adalah guru yang terbaik.

Memang benar, dengan memiliki pengalaman, kita bisa dengan mudah melakukan suatu kegiatan yang sudah kita kuasai dan juga mudah dalam berbicara. Tapi apakah pernah terpikirkan jika semua itu tidak kita dapatkan sendiri, melainkan bantuan dari seseorang.

Jadi sebenarnya itu, sebagian besar hal yang kita sudah ketahui adalah hasil belajar dari pengalaman orang lain.

Karena tanpa kita sadari, Dengan melihat apa yang di kerjakan orang lain ataupun memahami penjelasannya, kita itu lagi belajar dari pengalamannya.

Kita belajar dari materi yang diberikan kemudian menjawab soal yang diberikan. Semua yang sudah dikuasai masih diruang lingkup kepintaran orang yang menjadi guru kita. Dan mungkin tidak akan pernah keluar dari lingkaran tersebut.

Kita hanya mengembangkan hal yang sudah kita ketahui menjadi lebih besar saja tanpa bantuan dari siapapun. Cuma itu yang kita lakuin, hanya berinovasi saja.

Seperti istilah diatas langit masih ada langit. Guru adalah orang yang pernah berguru. Belajar dari orang yang pernah belajar.

Jadi intinya itu adalah masih ada tingkatan diatas tingkatan yang dimana tingkatan tersebut tidak memiliki akhir.

Hanya sebagian kecil orang orang di dunia ini yang bisa mendapatkan pengalaman sendiri tanpa bantuan dari siapapun. Dan karena itulah mereka bisa berkata pengalaman adalah guru yang terbaik dan orang-orang ini adalah puncak dari tingkatan yang kita pelajari.

Komentar

  1. bener sih, kalo ga nyoba tuh belum kebayang rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apanya yang mau dicoba gan ? kok ane jadi bingung sendiri. 😧

      Hapus
  2. Yup, tapi gak selalu juga harus kita yang ngalamin. bisa saja pengalaman dari orang lain yang bisa kita serap dari sharing (y) hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, dan itulah sumber pengetahuan kita.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Wisata Di Singapura : tempatwisata.biz.id

Gravitasi Yang Datang Dari After Effect

10 Gunung Paling Indah Di Dunia, Pilihlah Yang Terbaik