Perubahan Kata Bahasa Indonesia Dari Doeloe Ke Sekarang



Berawal dari melihat tiket bioskop jadul yang masih menggunakan bahasa seperti doeloe, jang dan lain sebagainya. Kenapa otak ini tidak pernah memikirkan asal-usulnya, dan kenapa bisa berubah dalam pengejaannya.

Betapa cueknya diriku 😐.

Namun setelah itu, entah kenapa otakku berpikir untuk membuat artikel yang membahas perubahan ejaan bahasa indonesia.

wkwkw sedikit lucu ya ?
"Kagak sama sekali" <-ini ceritanya pembaca.

Nah penjelasannya seperti ini. Ejaan pada jaman dahulu seperti kata doeloe, jang, itoe dll itu adalah ejaan bahasa yang digunakan pada tahun 1896 sampai 1947. Jadi sebelum kemerdekaan, bahasa ini sudah digunakan.

Dan inilah sejarahnya ejaan tercipta.

Sejarah

1. Ejaan van Ophuijsen
Ini adalah ejaan campuran bahasa Melayu dengan huruf Latin. Pada tahun 1896, ejaan ini disusun oleh Charles Van Ophuijen dengan bantuan Moehammad Taib Soetan Ibrahim  dan Nawawi Soetan Ma’moer. Pemerintah kolonial resmi mengakui kata bahasa ini dengan ejaan Van Ophuijan di tahun 1901. Contoh

“Huruf ï untuk membedakan antara huruf i sebagai akhiran dan karenanya harus disuarakan tersendiri dengan diftong seperti mulaï dengan ramai. Juga digunakan untuk menulis huruf yseperti dalam Soerabaïa.
Huruf j untuk menuliskan kata-kata jang, pajah, sajang, dsb.
Huruf oe untuk menuliskan kata-kata goeroe, itoe, oemoer, dsb.
Tanda diakritik, seperti koma ain dan tanda trema, untuk menuliskan kata-kata ma’moer, ’akal, ta’, pa’, dsb”

Dan inilah awal pembentukan kata bahasa yang memiliki. Pada dasarnya, perubahan terjadi karena ketika anak-anak berbicara cenderung melakukan penyimpangan. Dan karena hal itu, lama-kelamaan bahasa berubah mengikuti perkembangan jaman dengan ejaan yang lebih efektif.

2. Ejaan Republik

Ppada tanggal 19 Maret 1947, ejaan Van Ophuijan resmi digantikan dengan Ejaan yang dikenal dengan nama ejaan Soewandi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan waktu itu. Contoh Ejaannya:

Huruf oe diganti dengan u pada kata-kata guru, itu, umur, dsb.
Bunyi hamzah dan bunyi sentak ditulis dengan k pada kata-kata tak, pak, rakjat, dsb.
Kata ulang boleh ditulis dengan angka 2 seperti pada kanak2, ber-jalan2, ke-barat2-an.
Awalan di- dan kata depan di kedua-duanya ditulis serangkai dengan kata yang mendampinginya.

Butuh waktu 50 tahun supaya ejaan bahasa dapat tergantikan oleh kemajuan jaman. Dan pada waktu ini, penggunakan ejaan lebih efektif dari sebelumnya.

Catatan: Tahun 1947 “oe” sudah digantikan dengan “u”.

3. Ejaan Melindo (Melayu Indonesia)
Tahun 1959, konsep Ejaan Melindo dikenal. Karena perkembangan politik selama tahun-ketahun berikutnya, Ejaan ini diresmikan.

4. Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD)
Ini adalah ejaan kata bahasa indonesia yang digunakan sampai sekarang dengan sebutan EYD. Pada tanggal 16 Agustus 1972, Presiden RI meresmikan ejaan ini untuk digunakan sehari-harinya. Dengan EYD, ejaan dua bahasa serumpun, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Malaysia, semakin dibakukan. Untuk memudahkan pemahaman dan penjelasan kata agar mudah dipahami dan lebih mudah untuk penulisan.

Ini merupakan sejarah perubahan ejaan bahasa indonesia yang berubah dari waktu ke waktu. Tujuannya adalah untuk menyempurnakan dalam penggunakan kata dan ucapan saat suatu pembicaraan ataupun penulisan agar lebih efektif.

Demi menyempurnakan kata bahasa indonesia, perubahan ejaan terjadi sampai 4 kali dalam kurun waktu yang tidak singkat. Sekarang ini kamu sudah tahu sejarah terbentuknya ejaan indonesia sampai EYD. Dan EYD sampai sekarang masih digunakan.

Mungkin kedepannya akan ada ejaan baru yang lebih keren wkwk. Seperti ejaan 4l4y 😂.

Oke. Itulah artikelku yang membahas sedikit tentang ejaan bahasa indonesia. Semoga bermanfaat, Amin.
Sumber

Comments

  1. Waaahhhh janganlah kalau ejaan 4l4y,,,nggak bisa baca ntar :D informasinya bagus bangeeet...aku saja yang kuliah master di jurusan kebudayaan bahasa dan budaya indonesia masih belum tahu tentang hal ini... makasih banyak yaaa

    ReplyDelete
  2. Haha itu cuma kemungkinan yang 1 banding infiniti tidak akan terjadi. Iya sama sama.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Gravitasi Yang Datang Dari After Effect

10 Gunung Paling Indah Di Dunia, Pilihlah Yang Terbaik

Tempat Wisata Di Singapura : tempatwisata.biz.id